Sekilas Seputar Nirmana



Kilas Seputar Nirmana, (Preface)

Kalian sudah tahu belum tentang Nirmana?, well.. saya sendiri pun gabisa dibilang paham 100% walaupun sudah menjalani kelas yang membahasnya, dan bahkan membuatnya. Tapi singkatnya, kalau disimpulkan dari berbagai sumber bisa dibilang Nirmana itu sederhananya adalah sebuah "sistem" yang mencakup bentuk, warna & tekstur, serta posisi/kordinatnya. Dikatakan sistem, berarti Nirmana harus punya 'aturan" atau alur yang diaplikasikan.


Bentuk Nirmana tidak harus sama, tapi boleh jadi berbeda-beda namun "harmonis", atau berbentuk sama tapi ukuran dan proporsinya yang divariasikan.

Warna/tekstur, Kadangkala Nirmana bukan hanya tentang sistem buntuk, tapi juga variasi warna dan tekstur dari materialnya, juga dapat ditemui variasi-variasi "solid dan void" (Buat teman-teman yang belum paham, solid artinya bidang isi, dan void artinya bidang kosong. yaaa.. bisa juga disebut bidang positif dan negatif.

Posisi/koordinasi, bentuk dan warna yang dipilih tidak akan sempurna menjadi Nirmana yang diinginkan tanpa memperhatikan posisi/koordinasi elemen ini. Nah disini sebuah elemen bisa saja dirotasi (diputar), diduplikasi (digandakan), direpetisi (diulang-ulang), atau bahkan memiliki susunan tertentu yang dapat menunjukkan secara mencolok hirarki/kedudukan elemen yang ada.


Nirmana ada yang 2 dimensi, dan ada juga yang berupa karya 3 dimensi. Dan Nirmana juga ada yang sifatnya statis (diam) dan ada juga yang dinamis (baik itu gerak secara ilusi optik, ataupun benar-benar kerak secara mekanis semacam pop-up).


Nih, di bawah ini saya tampilin beberapa  hasil produk saya di STUDIO 1 yang bener-bener cenderung "ketinggalan" sih dari temen-temen yang lain. Sekali lagi sebelumnya saya tidak punya latarbelakang jago menggambar, atau kreatifitas semisalnya ya, Justru waktu jadi maba baru mulai mengenal.Yaa.. memang waktu itu saya yang penting flow dan bisa survive aja di dunia arsitektur. hehe



Jangan upa bersyukur,

Salam Arsitek!!

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Estimasi Kebutuhan Air Bersih pada Gedung Bertingkat Banyak

Rumah Semilir [House Design]